Tips dan Trik Untuk Belajar Support Dota 2

Pada kesempatan kali ini, admin ingin membahas tentang cara Belajar Support Dota 2 yang benar. Role yang satu ini memang sering kali disepelekan oleh para player pemula. Tidak sedikit dari mereka menganggap bahwa posisi yang satu ini hanya bertugas untuk membeli ward dan menjaga carry saja. Namun apakah benar demikian? Jawabannya adalah tidak.

Menjadi seorang support itu justru pada kenyataannya tidak mudah. Seorang support yang hebat malah sebaliknya bisa mengatur alur permainan dan membawa timnya untuk menang. Saya pribadi lebih senang menyebutkan Role Support adalah aktor dibalik menangnya suatu permainan (The Man Behind The Curtain).

Tips dan Trik Untuk Belajar Support Dota 2 Yang Benar

Kamu harus memiliki mental yang cukup kuat jika ingin mencoba bermain sebagai support. Bersiaplah untuk mendapatkan makian (Flamed / Toxic) atau menjadi kambing hitam dari kekalahan tim. Terkadang bermain sebagai support akan merasa memiliki beban yang cukup berat daripada role Carry itu sendiri.

Kenapa Harus Ada Support ?

Belajar Support Dota 2

Carry yang baik pasti akan berkata bahwa kesuksesan mereka tidak bergantung dengan diri sendiri, melainkan kerjasama satu tim, terutama Support. Saat game sudah mulai berjalan, Carry harus bisa farming dengan nyaman dan sebebas mungkin tanpa ada gangguan dari musuh, support ada untuk memenuhi hal itu.

Belajar Support Dota 2 – Memilih Hero

Bagi kamu yang Baru Belajar Role SUpport ada baiknya untuk mencoba bermain Hero seperti Crystal Maiden, Ogre Magi, Lich, Omniknight, Lion, Warlock, Shadow Shaman, Vengeful Spirit, Jakiro, Shadow Demon dan Dazzle, Witch Doctor, Disruptor dan lain-lain. Beberapa nama hero di atas cocok untuk kamu pelajari karena mekanik dan gameplaynya tergolong cukup mudah.

Belajar Support Dota2

Selain itu ada juga hero yang bisa kamu mainkan saat Belajar Support Dota 2 seperti Night Stalker, Rikimaru, Clockwerk, Monkey King, Sandking, Mirana, Phoenix, Rubick, IO, Bane, Kunkka, Enigma, Chen, Tuskar, Enchantress dan masih banyak lagi. Beberapa hero diatas adalah jenis role support yang membutuhkan kontrol skill (mekanik) lebih sulit dibandingkan sebelumnya.

Belajar Support Dota 2 – Warding

eSports Indonesia – Saat permainan dimulai, jangan lupa untuk membeli Observer Ward. Ada sebuah istilah yang menyebutkan “Buy Ward and Climb a Division” dimana admin sangat setuju dengan kata-kata tersebut. Pasang observer di Safe Lane demi memberikan rasa aman terhadap carry serta untuk mengontrol pergerakan dari Offlaner musuh. Dengan demikian, kamu akan lebih leluasa melakukan pulling/stack creep dan semakin mudah untuk membunuh offlaner tim lawan.

Kamu juga bisa menempatkan observer wards di tengah untuk memberikan jarak pandang bagi temanmu yang bermain sebagai midlaner. Vision (penglihatan) yang dihasilkan oleh observer wards akan membantu temanmu untuk bisa bertahan hidup dan lebih waspada terhadap gerakan dari Support lawan.

Belajar Warding Dota 2
Gambar Di Ambil Dari Dotafire.com
Belajar Warding Dota 2
Gambar Di Ambil Dari Dotafire.com
Belajar Warding Dota 2
Gambar Di Ambil Dari Dotafire.com
Belajar Warding Dota 2
Gambar Di Ambil Dari Dotafire.com
Belajar Warding Dota 2
Gambar Di Ambil Dari Dotafire.com
Belajar Warding Dota 2
Gambar Di Ambil Dari Dotafire.com

Belajar Support Dota 2 – Starting Item

Jika kamu bermain sebagai support bersiaplah untuk hidup “miskin”. Selalu utamakan hero Core (Mid/Carry) dalam segala hal. Saat game baru dimulai, kamu harus membeli Kurir/Courier, Observer/Sentry Wards, Smoke of Deceit dan (biasanya) membagi tango milikmu untuk teman satu tim.

Baca juga : Panduan Dota 2 Untuk Pemula

Saat bermain bersama teman atau ranked di atas 4k mmr, biasanya akan ada 2 orang yang mengambil peran sebagai support. Support tersebut terbagi atas dua kelas yaitu, posisi 4 dan 5. Untuk support 4, mereka akan lebih aktif membantu teman di lane lain untuk membunuh musuh. Sedangkan posisi 5, biasanya lebih fokus untuk menjaga carry agar bisa melakukan farming dengan nyaman.

Belajar Support Dota 2 – Early Laning

Jika di awal permainan kamu berhadapan dengan tiga hero musuh yang sangat agresif, berusahalah untuk menjaga posisi agar tetap aman. Selalu siapkan healing salve, tango dan setidaknya satu teleport portal (TP). Pasti anda akan sangat kesulitan untuk menghadapi tiga orang musuh sekaligus, tapi tetap harus selalu di ingat untuk mengutamakan Carry terlebih dahulu. Apabila sahabat gamers sedang berada di posisi dimana harus memilih antara carry atau diri sendiri untuk menggunakan healing salve, ambil pilihan pertama.

Usahakan untuk tidak melakukan pulling creep pada menit pertama karena carry biasanya tidak memiliki damage yang cukup untuk melakukan last hit dibawah tower. Setidaknya tunggu sampai minimal menit ketiga untuk melakukan Pulling, sembari menunggu untuk bisa pull creeps, sering-seringlah berusaha untuk menyerang offlaner lawan supaya Hero Carry Dota 2 di timmu bisa farming dengan mudah dan nyaman.

Fokuslah untuk membunuh creep sendiri (Deny) agar hero musuh tidak mendapatkan experience (exp) dan gold. Usahakan untuk melakukan pulling camp dengan setidaknya dua wave creep, hal ini bertujuan supaya pola farming carry tetap stabil dan tidak maju ke tower musuh. Apabila kamu ingin membunuh musuhmu tapi belum ada kesempatan, janganlah bermain agresif, biarkan dia merasa bahwa dirinya cukup aman dan tetap jaga jarak dengannya.

Belajar Support Dota 2 – Ganking !

Apa yang harus dilakukan jika carry milikmu cukup aman di lane? Atau saat kamu cukup kesulitan dan tidak berdaya sama sekali? Jawabannya hanya satu, yaitu Pindah Lane. Yang dimaksud dengan pindah lane disini adalah, kamu harus bisa untuk memberikan ruang (space) bagi si carry dengan melakukan ganking ke midlane atau membantu offlaner milikmu. Hal tersebut akan memecah konsentrasi musuh untuk membantu dua wilayah lainnya.

Ganking bagaikan pedang bermata dua, disatu sisi jika kamu berhasil maka musuh akan tertinggal dan hero milikmu berhasil mendapatkan exp + gold. Namun sebaliknya apabila gagal maka kamu akan rugi exp cukup banyak, apalagi dengan mengingat posisi support yang memang dari awalnya sedikit kesulitan untuk melakukan leveling. Sering-seringlah menonton replay atau menyaksikan Live Streaming event seperti Dota 2 : The International 2017 kemarin.

Kapan Harus Gank

1. Saat carry di timmu bisa farming dengan nyaman atau ketika kamu cukup tertekan di safe lane.
2. Offlaner kamu sangat kesulitan tapi masih punya potensi untuk membunuh jika dibantu olehmu.
3. Midlaner kamu mengalami waktu yang sulit di mid.
4. Musuh terlalu memaksakan.

Hal yang perlu Di perhatikan Saat Ganking

1. Selalu berusaha untuk melindungi Rune untuk diberikan ke Midlaner
2. Ambil Bounty Rune sesering mungkin, akan lebih baik jika kamu bisa mencuri milik musuh.
3. Manfaatkan Rune yang bagus untuk ganking mid, Misalnya Haste dan Invinsibility.
4. Smoke gank ke mid.
5. Gank carry musuh dan usahakan agar dia mati.
6. Coba pasang ward di jungle musuh (offensive) untuk memantau pergerakan musuh.
7. Stack ancients dan large camps (Jangan lupa untuk membantu/cover temanmu) dan masih banyak lagi.

Belajar Support Dota 2 – Tips dan Trik

Saat ingin melakukan warding, jangan memandang ke arah tempat dimana kamu ingin memasang ward. Akan lebih baik lagi untuk menipu musuhmu dengan berpura-pura warding sambil menghadap ke suatu tempat yang mana kamu sadar bahwa mereka mengetahui keberadaanmu (Vision).

Perhatikan posisi musuhmu dengan teliti sebelum melakukan warding, jangan sampai kamu masuk kedalam jebakan. Kadang kala musuh telah mengetahui niatmu untuk memasang observer wards karena mereka telah lebih dahulu memasangnya. Pastikan semua musuh ada di lane atau setidaknya ajak temanmu untuk melakukan cover.

Jika kamu mulai merasa terjadi adu warding. Berhenti memasang ward di tempat yang sama. Saat ingin melakukan deward, pastikan untuk memasang sentry wards terlebih dahulu barulah meletakan observer. Cobalah untuk selalu memberi stok observer wards dan jangan sampai ada stoknya di shop ya sahabat.

Selalu ingat untuk membawa Town Portal Scroll (TP) untuk membantu ataupun ganking musuh dengan tiba-tiba.
Saat bermain sebagai Support, sebaiknya jauhi niat untuk menggunakan TP dari Fountain karena ingin tiba di Lane dengan cepat.

Seorang support harus bermain dengan membagi konsentrasi antara mengamati lane dan juga minimap.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: