Panduan Main Dota 2 Untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini, Kami akan memberikan penjelasan dan panduan Main Dota 2 Untuk Pemula. Ada banyak hal dasar yang perlu untuk kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu sebelum bermain. Jika kamu baru belajar bermain Dota 2 dan belum mengerti tentang game moba, Panduan dibawah ini wajib untuk kamu baca ya sobat.

Panduan Dasar Main Dota 2 Untuk Pemula

esports-indonesia.com – Tujuan Dalam permainan Dota 2 adalah menghancurkan Ancient musuh. Ada dua kubu yang bertarung di dalam game yaitu Radiant dan Dire. Setiap kubu terdiri dari lima orang pemain yang harus memilih satu dari 115 Hero tersedia untuk menghancurkan markas musuh.

Saat permainan dimulai, kamu akan menggerakan seorang hero dengan level 1. Pada awal game, sahabat hanya dibekali dengan modal awal gold sebesar 625 dan satu buah item “Town Portal Scroll”. Gold dan Exp (Experience) adalah dua faktor penting untuk menjadikan hero milikmu semakin kuat. – Dota 2 Untuk Pemula

Heroes

Dota 2 Untuk Pemula

Ada 115 Hero yang bisa kamu gunakan di dalam game. Setiap Jagoan tersebut mempunyai kemampuan unik yang mungkin tidak dimiliki oleh hero lainnya. Masing-masing hero memiliki kategori sendiri yaitu, Strength (STR), Agility (AGI) dan Intelligence (INT).

Hero dengan kategori Strength pada umumnya lebih kuat di awal permainan dengan jumlah darah yang lebih banyak dari Tipe Agility dan Intelligence.
Hero Agility merupakan yang paling lemah di awal permainan namun akan berubah menjadi paling menakutkan saat memiliki level maksimal dan mendapatkan barang / Items.
Intelligence hero biasanya sangat hebat di awal permainan karena berbeda dari dua tipe yang lain dimana hero INT sangat mengandalkan penggunaan Skill dan Mana. Memasuki akhir game, Intelligence berubah menjadi cukup rapuh dan lebih mudah untuk dibunuh.

Baca Juga : Dota 2 Game Dengan Hadiah E-Sports Terbesar

Bangunan

Dota 2 Tips dan Trik

Selain Ancient, ada empat bangunan lain di Dota 2 yaitu Effigy, Barracks, Shrine dan Tower. Setiap lane atau jalan memiliki tiga buah Tower dimana dua diantaranya berada di luar markas dan satu lagi ada di dalam untuk menjaga barrack.

Ada empat Tier (Kelas/Tingkatan) yang membedakan setiap tower yaitu,

A. Tower Tier 1 paling jauh dari Ancient
B. Tower Tier 2 Kedua sebelum barrack
C. Tower Tier 3 Barrack
D. Tower Tier 4 Ancient

Shrine adalah sebuah bangunan yang bisa digunakan setiap lima menit sekali untuk mengisi sejumlah mana dan darah (HP).

Effigy hanya sebuah pajangan yang tugasnya untuk memperlambat gerak maju dari Creep dan untuk terlihat keren.

Barracks adalah sebuah tempat muncul (respawn) creep. Posisi barrack sangat vital dalam permainan, dan seringkali menjadi faktor penentu pihak pemenang. Jika kamu berhasil menghancurkan barrack musuh maka creep milikmu akan menjadi lebih kuat dan hebat (Mega Creeps).

*Untuk penjelasan lebih lengkap lagi mengenai barracks akan kita bahas di Artikel selanjutnya.

Baca Juga : 3 Hero Carry Dota 2 Terbaik Bagi Pemula

Creep (Lane dan Neutral)

Dota 2 Creep

Dalam permainan Dota 2, terdapat tiga jalur (Lane) yaitu atas (TOP), tengah (Middle / Mid) dan bawah (Bottom / Bot). Creep adalah sejumlah pasukan yang keluar dari barrack setiap 30 detik (Creep Wave). Pasukan ini bergerak sendiri menuju Ancients musuh dan akan menyerang unit musuh yang dekat dengan mereka secara otomatis.

Lane Creep memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan sebuah hero sebab mereka akan memberikan Experience (exp) dan gold. Untuk mendapatkan Gold dari creep kamu harus bisa membunuhnya dengan melakukan pukulan terakhir (Last hit). Selain itu, kamu bisa membunuh creep sendiri (Denied) untuk mencegah musuhmu mendapatkan gold dan sejumlah exp.

Neutral Creep adalah sejumlah pasukan Netral yang bisa kamu temukan di Jungle (Hutan) dan tidak di kontrol oleh kubu manapun. Mereka mempunyai kemampuan dan skill unik yang mungkin tidak dimiliki oleh hero milikmu. Neutral Creep terbagi atas empat kategori yaitu, Small Camps (Kecil), Medium (Sedang), Large (Kuat), Ancients dan Roshan sebagai yang terkuat. Kamu akan mendapatkan sejumlah exp dan gold yang cukup besar jika berhasil membunuh Neutral Creeps.

Items (Barang)

Dota 2 Item

Untuk membuat hero milikmu semakin kuat, selain exp kamu juga membutuhkan item. Semakin cepat kamu bisa membuat suatu Item untuk hero milikmu maka akan semakin mudah bagimu untuk memenangkan permainan. Ada banyak sekali item yang bisa kamu gunakan dan kombinasikan. Setiap barang yang di beli tersebut memiliki efek berbeda-beda seperti Meningkatkan Armor (Kekebalan), Menambah Damage (Serangan) Hero, Mempercepat jalan (Movement Speed), Menambah Darah (Lifesteal) dan kemampuan unik lainnya.

*Informasi lebih terperinci soal item akan kami bahas di artikel yang lain.

Laning Phase

Belajar Farming Dota 2

Lane pilihanmu pada awal permainan akan berdampak besar pada banyaknya gold dan exp yang akan kamu dapatkan. Selain itu ada satu lokasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan Farm (Mencari exp dan gold) yaitu Jungle (Hutan). Perlu diketahui bahwa tidak semua hero bisa farming di Jungle pada menit awal permainan, kami akan memberikan tips dan trik cara farming, pull dan stacking (menumpuk) jungle pada lain kesempatan.

Selalu perhatikan minimap (map kecil) yang ada di pojok kiri bawah permainan. Kamu bisa memantau pergerakan teman ataupun musuh dengan menggunakan mini map. Laning phase merupakan salah satu hal tersulit dalam permainan Dota 2 dimana kamu harus tau kapan untuk bermain agresif dan saat bertahan.

Selama Laning Phase, tugas utama milikmu adalah melakukan farming sebanyak mungkin dan mencegah musuhmu mendapatkan gold dan exp. Akan lebih baik lagi jika kamu berhasil membunuh hero musuh karena akan memberikan dirimu jumlah exp dan gold yang banyak dan membuat uang musuhmu malah berkurang.

Ganking

Belajar Ganking Dota 2

Ganking adalah suatu usaha untuk membunuh musuh di lane yang berbeda secara tiba-tiba. Hal itu sangat berperan penting dalam permainan, jika kamu berhasil memberikan serangan kejutan bagi musuhmu dan menyebabkan hero miliknya mati, kemungkinan menang tim milikmu akan bertambah.

Kegiatan ganking akan membuat alur permainan tidak seimbang, jika kamu berhasil membunuh musuh saat melakukan gank maka tentu tim milikmu pasti diuntungkan. Namun jika gagal maka tim akan dirugikan karena kamu telah membuang waktu secara percuma dan meninggalkan temanmu sendirian. – Dota 2 Untuk Pemula.

Roshan

Roshan

Roshan adalah Neutral Creep terkuat yang bisa kamu jumpai di kawasan sungai dekat toko rahasia radiant, tidak jauh dari mid lane. Pada awal game agak mustahil untuk bisa membunuh roshan seorang diri, hal itu disebabkan selain darah dan damagenya yang cukup banyak, Mahluk ini langsung memulai game dengan lvl 25. Kamu sangat tidak disarankan untuk menyerang Roshan pada awal permainan.

Jika terbunuh, Roshan akan menjatuhkan item bernama Aegis of the Immortal yang efeknya akan memberikan kamu satu nyawa tambahan. Setelah mati, Roshan akan hidup kembali (Respawn) sekitar 1-10 menit kemudian secara random (acak). Jika kamu berhasil membunuh dia lagi maka akan mendapatkan Satu Aegis dan Cheesse. Jika kamu mengklik Cheese maka darah dan mana milikmu akan terisi penuh, satu orang hanya bisa memiliki satu cheese.

Couriers (Kurir)

Dota 2 Kurir

Kadang kala kita sering pulang pergi antara lane dan markas hanya untuk mengisi darah, mana, ataupun ingin belanja item. Untuk mempermudah hal tersebut, kamu harus membeli sebuah kurir. Permainan akan semakin mudah dengan adanya kurir yang mengantarkan barang belanjaan milikmu.

Wards (Observer dan Sentry)

Wards adalah faktor sangat penting dalam game Dota 2. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua gerakan musuh dapat kita pantau, namun dengan adanya Observer Wards, kegiatan musuh disekitar tempat ward dipasang akan terlihat. Selain itu, Observer Wards juga berfungsi untuk mengamankan lane agar kita merasa aman karena bisa melihat musuh yang ingin melakukan ganking. Dota 2 Untuk Pemula

Selain observer ada juga satu wards yang bernama sentry. Mata biru ini bisa mengungkapkan posisi observer wards ataupun hero yang sedang menghilang (Invisibility). Jika kamu melawan hero dengan jurus menghilang seperti Rikimaru, Weaver, Templar Assassin, Invoker ataupun musuh dengan barang seperti Shadow Blade dan Silver EWdge, Sentry Ward akan membantu kamu untuk memperlihatkan hero yang sedang menghilang tersebut.

 

Demikianlah panduan singkat Dota 2 Untuk Pemula kali ini. Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya sahabat, Salam Rampage !

Sumber :

dota2.gamepedia.com

purgegamers

wikipedia.com

Youtube.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: