Biodata Chelsie Monica , WIM Cantik Komentator Dewa Kipas Vs Irene

Biodata Chelsie MonicaMatch antara Dewa Kipas melawan GM Irene sehari yang lalu ternyata berhasil menarik perhatian banyak orang di Indonesia. Pertandingan yang digelar secara live melalui chanel Youtube Deddy Corbuzier ini berhasil dimenangkan oleh GM Irene dengan skor 3-0. Tidak hanya menghadirkan pertandingan yang sangat seru , namun ada sosok cantik yang menarik perhatian kala itu yaitu Chelsie Monica.

Yap , Chelsie Monica berperan sebagai komentator di pertandingan tersebut. Banyak dari para netizen yang gagal fokus terhadap kecantikan Chelsie Monica kala itu. Tingginya rasa penasaran netizen dengan sosok cantik ini akhirnya mendorong kami untuk membuat biodata Chelsie Monica. Yuk langsung saja kita simak fakta menarik apa saja dari seorang Chelsie Monica.

Biodata Chelsie Monica

Nama LengkapChelsie Monica Ignesias Sihite
Nama PanggungChelsie Monica
Tempat , Tgl LahirBalikpapan , 2 November 1995
AgamaKristen
Facebook Chelsie Monica Ignesias Sihite
Instagram chelsie.monica
YoutubeChelsie Monica
PekerjaanPecatur Profeisonal , Konten Kreator

Nama Chelsie Monica mulai dikenal oleh publik ketika dirinya dipercaya sebagai komentator di acara pertandingan antara Dewa Kipas melawan GM Irene Sukandar. Saat itu Monica ditemani oleh GM Sutanto Megaranto untuk mengomentari dan menganalisis di pertandingan yang kurang lebih ditonton sekitar lebih dari 1 juta orang.

Biodata Chelsie Monica

Tidak hanya cantik , namun Monica juga memiliki skill bermain catur yang sangat hebat. Bakat catur Chelsie sudah kelihatan sejak kecil. Chelsie yang merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara mengaku jika dirinya mulai tertarik dengan dunia catur ketika melihat sang Ayah memainkan olahraga strategi tersebut. Ia pun akhirnya diajari oleh sang Ayah dan terus menekuni dunia catur hingga sehebat sekarang.

Turnamen catur pertama yang diikuti oleh Chelsie adalah kejuaraan SD pada tahun 2003 lalu. Tidak lama setelahnya , Chelsie akhirnya bertemu dengan Pak Nugroho yang merupakan sosok penting dalam karir caturnya karena telah membimbing dan mengajari Chelsie selama beberapa tahun. Melihat bakat hebat dari Chelsie , ia akhirnya ditawari untuk ikut sekolah catur Utut Adianto oleh Pak Kris , Pak Utut dan Pak Eka. Mulai saat itu ia akhirnya bertemu dengan pemain wanita catur hebat lainnya seperti Medina , Citra dan Firda.

Pada awalnya Chelsie memang sering sedih karena harus terpisah jauh dari keluarganya. Namun demi meraih cita cita , Chelsie rela mengorbankan hal tersebut untuk menjadi seorang pecatur wanita hebat. Chelsie mengatakan jika keluarganya adalah motivasinya bermain catur hingga saat ini.

Chelsie telah mendapatkan gelar Woman International Master (WIM) atau Master Internasional Wanita (MIW) tanpa harus melalui tiga kali norma MIW pada ASEAN+ Age Group Chess Championship 2011. Sedikit informasi nih guys , Woman International Master adalah satu gelar di bawah Woman Grandmaster. Gelar ini sudah muncul sejak tahun 1950 lalu dan diberikan kepada pecatur yang telah memiliki ELO sekitar 2400 ke atas. Di Indonesia sendiri hanya ada beberapa orang yang memiliki gelar ini dan Chelsie yang baru berusia 25 tahun ini termasuk salah satunya.

Selain gelar WIM , Chelsie Monica juga telah memiliki gelar lainnya yaitu WFM ( Woman FIDE Master ) yang ia dapatkan pada tahun 2007 lalu dan gelar WCM ( Woman Candidate Master ) yang ia dapat pada tahun 2008 lalu. Kedua gelar ini berada di bawah dari gelar WIM.

Setelahnya wanita yang pada awalnya memiliki cita cita sebagai dokter ini mengikuti kompetisi World Junior Chess Championship 2012 Girls Under 20 yang di adakan di Yunani. Chelsie yang turun sebagai unggulan 24 (elo raing 2162) berhasil mendapatkan 8 kali kemenangan , 1 kali seri dan 4 kali kekalahan. Dalam kompetisi ini Chelsie berhasil mengalahkan para pecatur hebat dunia yang memiliki rating yang lebih tinggi dari dirinya seperti WGM Goryachkina Aleksandra (2361), WGM Vojinovic Jovana (2337) dan WIM Schut Lisa (2305). Sedangkan kekalahan ia dapati ketika berhadapan dengan WGM Kashlinskaya Alina (2391), WFM Kulon Klaudia (2259), WIM Arabidze Meri (2379) dan IM Bodnaruk Anastasia (2414). Hasil ini membuat Chelsie finish di posisi ke delapan dengan poin poin 8,5/13 dan rating performance 2319.

Biodata Chelsie Monica

Olimpiade Catur 2012 di Istanbul , Turki menjadi kompetisi selanjutnya yang diikuti oleh Chelsie di tahun tersebut. Hasil yang baik kembali terulang ketika Chelsie bisa mendapatkan 8 kemenangan dari 10 pertandingan yang ia mainkan. 8 kemenangan tersebut ia dapati ketika melawan Sukhu Gloria (1528), WGM Pina Vega Sulennis (2345), Sultana Sharmin Shirin (2002), WCM Sanchez Oliva Ingrid Lizeth (1992), IM Zimina Olga (2327), WFM Guindy Esmat Susanne (2132), dan WGM Botsari Anna-Maria (2336). Sedangkan 2 pertandingan lainnya berupa 1 kali seri dari WGM Nikolova Adriana dan 1 kali kekalahan dari WGM Nemcova Katerina. Di kompetisi ini rating performance Chelsia mencapai 2370 sekaligus mendapatkan norma grandmaster pertamanya.

Tidak hanya itu , Chelise juga pernah mengharumkan nama Indonesia di pertandingan SEA Games. Yap , ia pernah meraih juara 1 untuk lomba catur pada SEA Games tahun 2013 dan juara 2 pada SEA Games tahun 2019 lalu.

Berikut adalah sejumlah prestasi lainnya yang pernah di raih oleh Chelsie Monica selama berkarir sebagai pecatur profesional :

  • Juara 2 ASEAN Age Group Chess Championship di Muangthai 2005
  • Juara 2 di 6th World School Chess Festival di Singapura 2006
  • Juara 2 ASEAN Age Group Chess Championship di Indonesia 2006
  • Juara World School Chess Championship di Singapura 2008
  • Juara ASEAN Age Group Girl Under-16 di Filipina 2011
  • Juara 1 Turnamen Catur Piala Gubernur Chelyabinsk, Rusia, 2011
  • Medali emas catur SEA GAMES 2013 di Myanmar
  • -Medali perak SEA GAMES 2019 di Filipina

Chelsie dikenal sebagai pecatur yang banyak memiliki jebakan di setiap langkah yang ia ambil di dalam permainan catur. Gaya bermainnya tersebut menjadi keistimewaan dari Chelsie yang membuat dirinya sulit ditaklukan oleh lawannya.

Biodata Chelsie Monica

Selain aktif sebagai pecatur profesional , mahasiswi lulusan Perbanas Institute ini juga aktif sebagai konten kreator. Hal ini bisa terlihat dari halaman Youtube pribadinya yang telah memiliki 14,5 ribu subcsriber saat ini. Dalam kanal Youtubenya , Chelsie sering mengupload game catur yang ia mainkan bersama para sahabatnya. Bahkan dari salah satu videonya ia berhasil mengalahkan GM Sutanto Megaranto yang merupakan pecatur nomor satu Indonesia saat ini. Selain catur , Chelsie juga sering mengupload aktifitas lainnya seperti melakukan vaksin covid-19 , makan bersama temannya , main futsal atau hanya sekedar berkunjung ke suatu tempat.

Laga persahabatan kemarin tampaknya benar benar membuat Chelsie dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hingga saat artikel ini dibuat , Chelsie telah memiliki 90 ribu followers , meningkat drastis dari yang sebelumnya hanya ribuan followers. Dalam akun instagram pribadinya , Chelsie kerap membagikan momen penting ketika dirinya mengikuti sebuah kompetisi catur baik di dalam atau di luar Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *